Selasa, 28 April 2020

Kenali Perbedaan Antara IELTS dan TOEFL


Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kedua tes kemampuan bahasa inggris ini, yaitu IELTS dan TOEFL. Jika Anda ingin kuliah ke luar negeri, salah satu persyaratan yang harus disertakan adalah hasil tes IELTS ataupun TOEFL. Kedua tes ini sama-sama menguji kemampuan Anda berbahasa inggris, baik dari sektor membaca, menulis, dan berbicara. Namun banyak juga yang masih bingung mengenai tes mana yang seharusnya diambil mengingat keduanya menilai hal yang sama. Ada banyak perbedaan yang dimiliki oleh IELTS dan TOEFL. Beberapa diantaranya adalah:

1. Biaya tes

Jika Anda ingin memperdalam kemampuan bahasa inggris, ikuti saja kursus EF Adults. Dijamin Anda akan mendapatkan nilai yang tinggi jika mengikuti tes TOEFL maupun IELTS. Bila berbicara soal harga, tes TOEFL lebih murah ketimbang IELTS. Selisihnya juga tidak terlalu besar bergantung juga pada dimana Anda mengikuti kedua tes tersebut.

2. Proses pengujian tes

Pengambilan tes TOEFL melalui perekaman dengan menggunakan perangkat komputer. Sementara untuk Tes IELTS, semua jawaban entah itu pada bagian writing, listening, ataupun reading ditulis dengan tangan. Pada bagian speaking, akan dinilai secara langsung oleh penguji yang mendengar jawaban Anda.

3. Skor tertinggi

Nilai maksimum dari tes TOEFL adalah 120, dimana setiap bagian mempunyai nilai 30. Jadi jika semua jawaban benar, total nilainya adalah sebesar 120. Lain halnya dengan IELTS, setiap bagian nilainya 0-9. Kemudian nilai yang didapat akan dirata-rata. Jadi skor total IELTS berada di skala 0-9.0.

4. Bahasa inggris yang digunakan

Untuk IELTS, bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris British. Sementara TOEFL menggunakan bahasa inggris Amerika.

5. Durasi tes

Durasi IELTS terhitung lebih singkat yaitu 2 jam 45 menit. Sedangkan tes TOEFL memakan waktu cukup lama yaitu 4 jam.

Untuk tingkat kesusahan, kedua tes memiliki kesukaran yang hampir sejajar. Jadi mana yang lebih mudah itu semua bergantung pada penilaian subyektif. Namun jika Anda belajar bahasa inggris di EF Adults, dijamin Anda bisa mengerjakan semua soal pada kedua tes tersebut dengan mudah. Dan tentu saja skor yang akan Anda dapatkan sangat memuaskan. 

0 komentar:

Posting Komentar