Jumat, 03 Januari 2020

Cara Obati Muntah pada Anak


Anak yang mengalami muntah memang selalu bikin Anda sebagai orang tua merasa cemas dan khawatir. Wajar saja, karena jika si kecil muntah dengan sering, hal itu bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika muntah itu terjadi secara terus-menerus, maka hal ini salah satu kondisi kegawatdaruratan pada anak. 

Namun, Anda harus ingat juga bahwa muntah adalah suatu gejala. Muntah bukan merupakan sebuah penyakit melainkan lebih ke tanda awal sebuah penyakit. Muntah ini sendiri terjadi ketika isi lambung keluar secara cepat dan juga mendapat paksaan melalui mulut untuk keluar, akibat dari peningkatan tekanan di dalam perut seseorang.

Bagi anak, hal ini bisa cukup menjadi hal yang berbahaya. Hal ini karena kondisi fisik anak yang masih belum begitu kuat. Bahkan, muntah yang terlalu sering ini dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan lain pada anak Anda. Anda pun harus sesegera mengetahui penyebab muntah pada anak dan penanganannya dengan baik.

Teh hangat atau jahe hangat juga bisa diberikan sebagai pereda rasa mual dan muntah pada anak Anda. Asupan lain yang dapat Anda berikan adalah sup kaldu hangat untuk membantu mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan, sekaligus memberi rasa nyaman pada perut anak. Berikan makanan setiap 15-20 menit, secara bertahap. 

Pilihlah makanan yang mengandung cukup kalori dan pastikan bahwa makan itu mudah dicerna seperti bubur. Jika anak sudah tidak mengalami gejala muntah lebih dari 6 jam, maka Anda bisa mulai memberikannya makanan padat berupa buah atau roti. Dengan memerhatikan hal ini, maka masalah muntah yang anak Anda alami dapat teratasi dengan baik dan benar.

Berikan juga obat pereda rasa mulas dan muntah untuk memaksimalkan penyembuhan. Pastikan juga jika anak Anda cukup istirahat untuk pemulihan yang lebih maksimal. Selain itu, usahakan untuk tidak membuat anak banyak bergerak terlebih dahulu.

Penyebab muntah pada anak dan cara penanganannya yang lain dapat Anda simak secara lengkap di Gue Sehat. Langsung kunjungi www.guesehat.com untuk mengetahui berbagai informasi bermanfaat seputar kesehatan khusus untuk Anda.

0 komentar:

Posting Komentar