Kamis, 26 Desember 2019

7 Penyebab Muntah yang Umum Terjadi Ditengah-Tengah Masyarakat


Muntah adalah salah satu gejala gangguan kesehatan yang bukan merupakan sebuah penyakit. Gejala yang ditimbulkan yaitu keluarnya isi lambung dan usus dengan cara terpaksa melalui mulut. Muntah juga merupakan refleks protektif tubuh dalam melawan toksin yang tidak sengaja tertelan. Adapun penyebab muntah pada anak dan penanganannya, pasti berbeda-beda. 

Berikut dibawah ini 7 penyebab muntah yang umum terjadi di kalangan masyarakat kita:

Infeksi virus

Penyebab yang paling umum adalah infeksi virus diantaranya gastroenteristis akut yang disebabkan oleh rotavirus. Ditengah-tengah masyarakat dikenal dengan istilah muntaber ( muntah berak). 

Muntah berak merupakan gejala umum dari infeksi rotavirus dan bisa berlangsung selama 3 sampai 7 hari. Biasanya terjadi pada anak-anak dan berdampak hilangnya nafsu makan serta dehidrasi. Jika saja usus dan pencernaan anak sehat, kondisi akibat infeksi virus ini tidak akan menimbulkan gejala yang lebih parah.

Alergi dan hipersensitif saluran cerna

Seseorang yang memiliki alergi khususnya dengan virus-virus tertentu yang menyebabkan pencernaan dan usus menjadi terganggu, biasanya diawali dengan gejala muntah. 

Alergi ini umumnya diderita oleh anak usia 6 sampai 12 bulan, bahkan bisa jadi di bawahnya. Orang tua tidak perlu panik, karena muntah hanya terjadi 2 sampai 5 kali per hari dan akan membaik seiring bertambahnya usia anak.

Stenosis pilorus

Kondisi ini terjadi pada bayi berupa penyempitan pada bagian ujung lubang tempat makan dan keluar menuju usus halusnya. Apabila hal ini terjadi, maka hanya sedikit makanan yang bisa masuk ke usus dan selebihnya akan di muntahkan.

Obstruksi usus

Suatu kondisi tubuh yang mengalami penyumbatan pada saluran cerna.

Keracunan makanan

Biasanya akibat keracunan makanan, gejala yang ditimbulkan adalah muntah. Jika kondisinya tidak kunjung sembuh, yang dirasakan selanjutnya adalah demam dan nyeri di sekitar perut.

Kolesistitis

Berupa peradangan pada kandung empedu.

Sistem sensorik dan otak

Itulah beberapa penyebab muntah yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat. 

Tetap jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan di sekitar rumah Anda.

0 komentar:

Posting Komentar