Rabu, 27 November 2019

Gejala Kanker Anus yang Harus Diwaspadai


Sumber : hellosehat.com

Kanker anus merupakan penyakit kanker yang terdapat dalam anus manusia. Tentu bagi seseorang yang menderita kanker ini, merasa tidak nyaman. Karena melalui organ inilah kotoran manusia dibuang. Rasa sakit yang dirasakan pada anus membuat penderita tidak nyaman, apalagi saat mau buang kotoran. Menurut hellosehat.com, kanker anus termasuk penyakit langka yang diderita seseorang. Biasanya, kanker anus ini banyak terjadi pada orang dewasa dan lansia. Walaupun begitu, penyakit kanker anus ini lebih banyak diderita oleh orang yang berjenis kelamin wanita dibandingkan pria. Untuk menjaga kesehatan dari penyakit kanker, hendaknya kita harus mengetahui gejala apa saja yang terjadi saat seseorang menderita kanker anus. Hal ini penting, agar segera dikonsultasikan ke dokter apabila terdapat gejala-gejala terserang kanker anus. Konsultasi ke dokter sangat penting bagi penderita kanker, agar segera dapat mencegah dan mengobati penyait kanker ini. Oleh karena itulah, pada pembahasan kali ini kita membahas mengenai gejala kanker anus yang dialami oleh penderita kanker anus.

Menurut hellosehat.com, gejala yang dialami oleh penderita kanker anus yaitu pendarahan pada sekitar anus, atau di dalam anus penderita. Gejala lainnya adalah rasa sakit pada anus, benjolan pada anus, gatal-gatal pada area anus, keluar cairan atau lendir dari anus, dan buang air besar tidak terkontrol (terlalu sering buang air besar).

Gejala pada kanker anus juga ditandai dengan adanya perubahan pada BAB (konstipasi atau seperti kotoran kambing, perubahan warna feses (warna feses menjadi hitam), keluarnya lendir, rasa nyeri pada anus, berat badan menurun, mudah lelah, pendarahan, dan benjolan pada anus.

Selain itu penjelasan dari honesdocs.com, gejala pada kanker anus diantaranya adalah pendarahan dari anus/rektum, nyeri di sekitar anus, terdapat gumpalan yang muncul di saluran anus, rasa gatal yang dirasakan di sekitar anus, keluarnya cairan yang tidak normal dari anus, perubahan pergerakan pada anus (seperti sering diare, buang air kecil, atau juga sembelit), tinja yang dikeluarkan sedikit dan juga berlendir, susah menahan buang air besar, nyeri pada perut, penurunan berat badan pada penderita tanpa sebab yang jelas, rasa lelah dan lemas, dan anemia karena kekurangan gizi.

Kesimpulannya adalah gejala kanker anus diantaranya adalah pendarahan pada anus, adanya benjolan di dalam anus, sakit dan nyeri di sekitar anus, gatal di sekitar anus, keluar cairan lendir dari dalam anus, sering buang air dan sembelit, tinja sedikit dan berlendir, tidak dapat menahan buang air besar, penurunan berat badan tanpa sebab, mudah lemas dan lelah, anemia sebab kekurangan gizi, perubahan warna feses menjadi hitam, dan konstipasi (seperti kotoran kambing).

Jika anda merasakan gejala-gejala diatas, segera hubungi dokter dan segera periksa ke dokter. Karena jika gejala ini terus berlanjut, akan berbahaya bagi tubuh kita. Tubuh akan kekurangan cairan dan menimbulkan dehidrasi bagi tubuh. Selain dehidrasi, kekurangan gizi menjadi dampak yang berbahaya bagi tubuh. 

Oleh karena itu, segera periksakan ke dokter apabila terdapat gejala-gejala yang disebutkan diatas. Jika sudah dinyatakan terkena penyakit kanker ini, segera obati dan ikuti petunjuk dokter. Ikuti resep dokter dan terus konsultasikan ke dokter agar penyakit ini dapat teratasi. Jika telah menunjukkan gejala kanker anus tersebut, segera bawa ke dokter.  Karena bagaimanapun, penyakit kanker bukanlah hal yang sepele, sebab penyakit kanker akan menjadi semakin parah dan juga dapat menyebabkan kematian jika tidak segera diobati.

0 komentar:

Posting Komentar