Sabtu, 20 Juli 2019

Wajib Punya, 9 Aksesoris Alat Musik Akustik Ini akan Menambah Kualitas Suaranya!

Sumber : thegorbalsla.com


Berbicara tentang alat musik gitar tak lengkap rasanya tanpa membahas aksesorisnya juga. Gitar sendiri memiliki banyak jenis mulai dari gitar listrik, gitar akustik hingga gitar bass. Alat musik yang apabila memainkannya dengan cara dipetik ini bisa memikat lawan jenis ketika dimainkan dan bisa dibilang sebagai alat musik yang romantis. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa pilihan aksesoris gitar dan fungsinya yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Apa saja sih aksesoris gitar itu? Yuk, simak baik-baik artikelnya disini!


1. Case


Sumber : galerimusikindonesia.com


Seperti namanya case atau yang lebih sering dikenal dengan tas gitar ini berfungsi sebagai melindungi gitar serta mempermudah membawa gitar saat dibawa kemanapun. Selain itu dengan adanya case ini body gitar akan lebih terlindungi dari goresan. Tas gitar sendiri terdapat dua jenis yaitu, hardcase dan softcase. Dari kedua jenis tas gitar tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada bahannya. Untuk tas gitar hardcase menggunakan bahan kayu atau plastik dalam pembuatannya, sedangkan tas gitar softcase terbuat dari bahan kain saja.


2. Pick


Sumber : my-best.id


Dengan aksesoris gitar satu ini dapat mempermudah kamu dalam memainkannya. Pick gitar akan menggantikan jari-jari tangan untuk bermain gitar, jadi tidak perlu khawatir lagi jika takut tangan kamu lecet. Sama seperti case, pick gitar juga memiliki dua jenis yaitu, tebal dan tipis. Biasanya pick yang tebal itu berfungsi sebagai memetik senar bass.


3. Strap


Sumber : guitarbuntung.wordpress.com


Aksesoris gitar strap ini dapat mempermudah kamu untuk bermain gitar sambil berdiri. Strap gitar ini lebih sering dipasang pada jenis gitar listrik atau bass saja. Tetapi, sebenarnya strap gitar ini bisa digunakan pada semua gitar terutama gitar akustik.


4. Hanger Gitar


Sumber : id.carousell.com


Seperti namanya, aksesoris gitar satu ini berfungsi sebagai penggantung alat musik petik pada dinding ketika tidak digunakan. Jika, takut gitar kesayangan kamu jatuh tidak usah khawatir karena ada juga kok yang modelnya dibawah dan biasa disebut dengan stand.


5. Screeching halt


Sumber : situbisa.com


Screeching halt merupakan aksesoris gitar yang berfungsi untuk menutup lubang gitar akustik agar tidak mengalami feedback ketika dimainkan. Selain itu juga screeching halt ini juga dapat meningkatkan suara yang dihasilkan dari gitar akustik.


6. Capo


Sumber : Shopee.co.id


Pasti buat yang sudah mahir belajar gitar tahu dong dengan aksesoris satu ini. Capo sendiri salah satu aksesoris gitar yang digunakan untuk membuat nada dasar menjadi lebih tinggi.


7. String Winder


Sumber : banggood.com


Dengan adanya String Winder ini kamu tidak perlu membutuhkan waktu yang lama serta kesulitan lagi untuk memutar tuning maupun peg. String winder pada dasarnya hanya digunakan untuk melepas senar gitar saja dan tidak disarankan untuk menstem gitar menggunakan aksesoris satu ini.


8. Slider


Sumber : youtube.com


Buat kamu yang ingin belajar musik country maupun blouse menggunakan teknik slide dalam bermain gitar sangat cocok menggunakan aksesoris satu ini. Cara menggunakannya cukup mudah kamu hanya perlu menggunakan jari kelingking atau jari manis, lalu masukkan jari pada slider yang berbentuk silinder.


9. Tuner


Sumber : guitarsquartz.net


Aksesoris gitar yang satu ini akan mempermudah kamu untuk mensetting nada maupun menyetem gitar. Cara kerja dari alat ini yakni akan menampilkan serta mendeteksi pitch ketika gitar dimainkan. Jenis dari tuner gitar ini bermacam-macam mulai dari yang portable hingga yang dijepit pada headstock gitar pun ada.


Jadi, itulah 9 aksesoris gitar serta fungsinya yang bisa membuat bertambah kualitas bermain gitar menjadi lebih baik. Pastikan kamu membeli aksesoris gitar ini sesuai dengan kebutuhan ya, guys!

0 komentar:

Posting Komentar