Senin, 25 Maret 2019

7 Cara Mengatasi Mimisan Anak dengan Cepat dan Efektif


Pada umumnya mimisan terjadi pada anak-anak. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa mimisan juga bisa terjadi pada orang dewasa. Namun biasanya mimisan yang terjadi pada si kecil akan membuat Anda merasa khawatir bukan? Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi mimisan anak dengan cepat dan efektif. Apa saja si? Yuk simak.

1. Dilarang Bersikap Panik
Hal paling utama yang perlu Anda perhatikan ketika menghentikan mimisan pada sang buah hati adalah dilarang bersikap panik. Pasalnya sikap yang satu ini hanya akan membuat Anda menjadi berpikiran tidak jernih dan berisiko mengambil keputusan yang salah. Tak usah merasa panik. Pasalnya mimisan bukan selalu merupakan tanda adanya penyakit serius pada si kecil. 

2. Duduk Dalam Posisi Tegak dan Arahkan Tubuh Sedikit ke Depan
Selama mengatasi mimisan pada si kecil, kebanyakan orang tua melakukan tindakan yang salah dengan menyuruhnya berbaring. Posisi berbaring hanya akan membuat darah masuk kembali dan menyebabkan jalan napas menjadi tersumbat. Justru sebaliknya, jika si kecil mengalami mimisan. Pastikan meminta si kecil untuk duduk tegak dan arahkan tubuh sedikit ke depan. 

3. Jika Ada Darah yang Mengalir ke Mulut, Jangan Ditelan
Salah satu hal paling penting yang perlu Anda perhatikan ketika sedang berupaya menghentikan mimisan pada sang buah hati adalah pastikan si kecil tidak menelan darah tersebut. Jika ada darah yang mengalir dan masuk ke dalam mulut, suruh si kecil meludahkannya. Pasalnya hal ini hanya akan membuat perut sang buah hati menjadi iritasi. 

4. Pencet Lubang Hidung Menggunakan Ibu Jari dan Telunjuk
Meski pada umumnya pendarahan yang terjadi akibat mimisan hanya terjadi pada satu lubang hidung saja, namun Anda juga harus tetap menjepit kedua bagiannya. Pencet cuping hidung selama kurang lebih 10 menit. Cara ini bermanfaat untuk memberikan penekanan pada sumber pendarahan. Selama melakukan cara ini, minta si kecil untuk bernapas melalui mulut. 

5. Jangan Bersih atau Memaksa Darah Keluar dari Hidung
Cara mengatasi mimisan anak yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah pastikan si kecil jangan bersin dan mengupil atau bahkan memaksakan darah keluar dari hidung. Terlebih lagi melakukannya ketika masih terjadi pendarahan. Pasalnya hal ini akan membuat darah susah membeku dan darah yang mengalir kembali membeku. 

6. Kompres Menggunakan Es Batu
Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah kompres menggunakan es batu. Namun sebelum itu, pastikan jangan langsung mengaplikasikan es batu ke hidung. Sebab hal ini akan menyebabkan kerusakan jaringan. Bungkus es batu menggunakan kain lembut terlebih dahulu. Cara yang satu ini sangat efektif untuk menghentikan dan menenangkan pembuluh darah. 

7. Gunakan Cuka atau Air  Garam
Tak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja. Ternyata cuka masakan juga bermanfaat untuk menghentikan mimisan pada si kecil. Cuka bermanfaat untuk menghentikan aliran darah sekaligus membersihkan darah yang sudah mengering. Gunakan bola kapas dan celupkan ke cuka. Kemudian letakkan pada bagian hidung yang mengalami pendarahan. 

Tak hanya cuka saja. Ternyata air garam juga sangat efektif untuk menghentikan mimisan pada si kecil. Meski terkesan sepele, namun air garam ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan iritasi yang menyebabkan mimisan. Anda hanya perlu melarutkan garam ke dalam air hangat. Kemudian gunakan campuran air dan garam tersebut untuk membasuh hidung. 

Itulah cara mengatasi mimisan anak dengan cepat dan efektif. Namun jika pendarahan akibat mimisan tak kunjung berhenti setelah 20 menit dan sang buah hati mengalami sesak napas, muntah, dan pusing. Pastikan untuk segera menghubungi dokter.  

0 komentar:

Posting Komentar