Jumat, 01 Februari 2019

4 Kerajinan Tangan Mudah yang Bisa Dibuat Saat Lagi Senggang

sumber : grid.id
Punya banyak waktu senggang atau lagi liburan? Jangan malas-malasan. Yuk isi waktumu dengan membuat aneka kerajinan tangan yang simpel dan lucu. Handcraft - handcraft ini bisa kamu buat dari berbagai bahan bekas yang tersedia di rumah, mulai dari stik es krim, kaleng susu, botol, dan sebagainya. Caranya juga mudah dan bisa kamu kreasikan sesuka hatimu.
Bikin kerajinan tangan itu asyik dan seru. Selain bisa melatih kreativitas, kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas dan mengurangi sampah. Istimewanya lagi, kalau kerajinan buatanmu bagus kamu bisa menjualnya secara online lho di berbagai e-commerce seperti Shopee.
Kamu tinggal tentukan kerajinan apa yang ingin dibuat, cari bahan-bahan dasarnya termasuk berbagai alat kerja seperti gunting, lem, lakban, dan sejenisnya, lalu desain, dan buat dengan telaten. Hasil kerajinan tanganmu itu bisa dijadikan hiasan rumah atau diberikan pada seseorang sebagai hadiah. Hmm, pasti bangga ya kalau bisa bikin hiasan dari tangan sendiri?
Yuk simak beberapa contoh kerajinan tangan yang bisa kamu buat di rumah saat lagi senggang!

1. Hiasan dinding dari stik es krim

sumber : grid.id
Ini adalah kerajinan tangan yang paling mudah, murah, simpel. Stik-stik es krim bisa kamu kumpulkan atau kalau mau lebih simpel tinggal beli aja di toko peralatan makanan. Harganya murah banget kok. Kamu harus sediakan lem, kalau bisa lem merk Rajawali agar kuat. Selanjutnya kamu tinggal tentukan desainnya, ada banyak ide desain hiasan stik es krim di Google.
Hiasan stik es krim ini bisa kamu bentuk dan warnai sesuka hati. Kamu bisa memakai cat air biar lebih awet dan mudah. Kalau sudah jadi, tinggal digantungkan di dinding deh.

2. Hiasan tisu

Kerajinan tangan dari tisu? Kenapa nggak? Tisu bukan cuma buat menyeka tangan atau mulut lho, tapi juga bisa dikreasikan menjadi hiasan-hiasan lucu. Kamu butuh tisu, lem, dan beberapa benda kecil lain seperti stik. Dalam gambar di bawah ini tisu dibuat menjadi payung-payungan mini yang imut abis. Benda yang dipakai adalah cotton bud. Keren ya!
sumber : usahasukses.com
Kamu bisa memadukan kertas karton atau kardus dengan tisu. Caranya kertas karton tadi kamu bentuk menjadi sesuatu, misal bentuk siput, lalu tisu-tisunya kamu bentuk sedemikian rupa menjadi ‘cangkangnya.’ Setelah jadi, tinggal kamu tempel deh di dinding.

3. Box tisu tali

sumber : smartcodex.com
Kalau tadi kamu berkreasi dengan tisu, sekarang kamu bisa coba bikin kotak tisunya. Ini juga nggak kalah mudahnya, kamu tinggal cari beberapa kotak kertas bekas yang ada di rumah. Biasanya kalau kamu membeli barang elektronik, misalnya setrika, ada boxnya kan? Nah itu jangan dibuang. Box kertas untuk barang elektronik biasanya keras dan kuat, kamu bisa memanfaatkannya menjadi kerajinan yang unik.
Biar anti mainstream, kamu siapkan juga tali tampar kecil atau tali apapun asal panjang. Box kertas tadi kamu bersihkan dulu, lalu lilit dengan menggunakan tali yang sudah dilem terlebih dahulu. Di sarankan kamu memakai lem tembak agar hasil pengeleman rapi. Lilit dengan telaten hingga seluruh box tertutup tali. Dan jangan lupa beri lubang tisu secukupnya di bagian atas untuk mengambil tisu.
Oh ya, sebelum melilit tali box tadi kamu potong dulu ya di 1/3 bagian atasnya agar bisa memasukkan tisu. Setelah terlilit sempurna, tinggal kamu kreasikan lagi sesuka hati. Bisa kamu beri aneka macam pernak pernik menarik seperti kancing, pita, atau apapun. Suka-suka deh!

4. Pot kaleng monster

sumber : hipwee.com
Pot kaleng adalah jenis kerajinan tangan yang tak pernah usang! Kamu bisa ambil berbagai kaleng bekas di rumah, entah itu kaleng bekas susu, kue, atau yang lainnya. Gosok dulu dengan amplas sampai lapisan cat asli kaleng hilang. Setelah kaleng terlihat mulus, kamu bisa mewarnainya dengan cat besi atau membiarkannya polosan.
Nah di sini serunya. Kamu bisa mengkreasikan berbagai jenis gambar, termasuk gambar monster yang lucu. Kamu tinggal melukis mata, hidung, dan mulutnya sesuka hatimu. Jangan lupa, karena ini pot tanaman kamu harus selalu memberi lubang di bagian bawahnya. Setelah jadi, pot-pot itu kamu jemur dulu di tempat yang teduh (tidak terkena sinar matahari langsung) dan setelah kering isi dengan tanah dan tanam tanaman  kecilmu, misal sukulen, Taruh di kamar, wah dijamin betah deh!
Gimana, mudah banget kan? Ayo berkreasi daripada bermalas - malasan!

0 komentar:

Posting Komentar