Senin, 28 Januari 2019

Tips Dekorasi Tahun Baru Imlek Yang Super Mudah, Cocok Untuk Hunian Tercinta


Yay, tahun baru Imlek akan segera tiba. Anda pasti sudah tak sabar menyambut kedatangan keluarga besar dari berbagai kota. Apa saja yang sudah Anda siapkan? Makanan berat dan berbagai camilan khas Imlek pasti sudah memenuhi kulkas dan lemari, ya. Tapi ada satu hal lagi yang tak boleh Anda lupakan yakni menghias hunian dengan dekorasi Imlek. Apakah penting? Tentu saja penting, sebab dengan nuansa Imlek yang memenuhi hunian, Anda dan keluarga akan lebih bisa memaknai tahun baru kali ini.
Untuk bisa menciptakan dekorasi khas Imlek tak terlalu sulit, kok. Tak perlu sampai mendatangkan desainer interior untuk khusus menata hunian tercinta. Hanya dengan berbekal tips mudah berikut, Anda juga bisa menghadirkan suasana khas Imlek di rumah. Yuk, simak informasinya:

Mulai dengan warna merah

Hal paling mudah yang pertama kali bisa Anda lakukan untuk mendekorasi rumah dengan tema Imlek adalah menghadirkan warna merah. Seperti yang Anda tahu, merah memang merupakan warna khas Imlek. Bagi orang Tionghoa sendiri, warna merah melambangkan kebahagiaan dan ketulusan hati. Selain itu, penyebutan warna merah dalam bahasa Mandarin juga mirip dengan kata makmur, sehingga warna ini diharapkan bisa mendatangkan kemakmuran dan rejeki. Nah, Anda tak perlu sampai mengecat tembok dengan warna merah. Cukup hadirkan beberapa aksesn warna merah di setiap sudut rumah, misalnya taplak merah, sarung bantal merah, hiasan bunga warna merah, atau juga kap lampu warna merah.

Tambahkan lampion

Untuk bagian luar rumah yang biasanya diterangi lampu seperti halaman atau teras, cobalah menggantinya dengan lampion. Bagi masyarakat Tionghoa, lampion merah yang sering muncul ketika tahun baru Imlek ini memiliki makna kebahagiaan. Hunian Anda juga dijamin jadi lebih semarak dan penuh kebahagiaan dengan adanya lampion merah yang digantungkan di beberapa sudut rumah. Selain itu, saat malam hari lampion merah juga akan terlihat sangat cantik di tengah kegelapan. Oke juga untuk latar belakang foto-foto keluarga edisi Imlek, lho!

Beri hiasan dengan karakter babi

Tahun 2019 ini merupakan tahun babi tanah yang identik dengan arti keberuntungan dan penuh berkat. Nah, supaya suasana tahun baru Imlek lebih terasa, Anda bisa memajang beberapa pernak pernik dengan karakter babi. Misalnya saja asbak berbentuk babi di ruang tamu, bantal duduk boneka babi di ruang tengah, dan juga alas gelas karakter babi di ruang makan. Meski hanya berupa pernak-pernik kecil, kehadiran hiasan serba babi ini akan menjadikan suasana Imlek lebih terasa.

Hadirkan lilin warna merah

Lillin berwarna merah juga menjadi salah satu dekorasi penting ketika Imlek. Tempat paling mudah untuk meletakkan lilin warna merah ini adalah di ruang makan. Tapi kalau Anda mau, Anda juga bisa menghadirkan lilin merah di ruang tamu dan ruang keluarga. Jangan memilih lilin merah biasa, tapi pilih lilin aromaterapi. Jadi selain indah dipandang, lilin ini juga akan menebarkan aroma harum ke seluruh penjuru rumah. Memasang lilin merah aromaterapi di kamar tamu juga bisa jadi ide bagus untuk menyambut kedatangan keluarga yang menginap di rumah Anda.

Letakkan bunga segar di sudut ruangan

Untuk mengimbangi warna-warna merah khas Imlek, Anda bisa menghadirkan tanaman segar di dalam rumah. Kalau suka bunga, Anda bisa memilih bunga-bunga dengan warna putih atau pastel untuk diletakkan di beberapa sudut ruangan. Tapi kalau suka dengan kesan yang lebih natural, Anda bisa memetik beberapa dedaunan dari halaman dan menyusunnya di dalam vas bening berisi air. Dijamin suasana rumah akan terasa lebih segar dan menyenangkan.

Buat pohon uang

Kalau mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan, Anda pasti sering melihat adanya pohon uang saat mendekati Imlek. Ya, pohon uang ini memang merupakan salah satu ciri khas Imlek. Anda bisa membuat pohon uang mini dengan ranting-ranting kayu yang dipernis dan diletakkan di dalam pot. Gantungkan angpau merah berisi uang yang nantinya bisa diambil oleh para keponakan dan anak-anak ketika bertamu ke rumah Anda. Atau kalau sekedar ingin menjadikannya hiasan, tak masalah juga memasang angpau kosong tanpa uang.

Menata makanan khas Imlek

Makanan khas tahun baru Imlek seperti jeruk dan manisan juga bisa jadi hiasan terbaik, lho. Anda bisa mencari wadah cantik untuk meletakkan jeruk dan manisan kemudian menyusunnya di ruang tamu. Selain menjadi hiasan yang mempercantik ruangan, makanan-makanan ini juga bisa sekaligus menjadi suguhan. Jangan lupa untuk menambahkan botol berisi air yang akan memberikan kesan lebih natural dan juga segar pada meja Anda.

Pasang cermin di beberapa ruangan

Dalam budaya Tionghoa, cermin dipercaya bisa memantulkan energi baik. Kalau dari segi interior, cermin ini bisa menjadikan ruangan terkesan lebih luas. Jadi sebaiknya Anda memasang beberapa cermin dekoratif pada ruangan yang sering dihuni, seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Tak cuma bisa digunakan secara fungsional, cermin juga akan memberikan suasana berbeda pada ruangan yang penuh dengan orang.

Beri sentuhan warna emas

Selain merah, emas juga merupakan warna yang sangat disukai pada tahun baru Imlek. Warna emas sendiri dianggap menyimbolkan kemakmuran karena menyerupai koin emas. Namun karena warna ini cukup kuat, sebaiknya Anda menggunakannya untuk benda-benda yang berukuran tidak terlalu besar. Misalnya saja Anda bisa memasang tatakan telepon berwarna emas, mengganti pita korden dengan warna emas, atau menghadirkan warna emas pada serbet di meja makan. Ide yang bagus juga mendampingkan warna emas dengan warna merah untuk lebih mendapatkan suasana Imlek yang kental.

Pasang wall sticker

Untuk Anda  yang mungkin tak punya terlalu banyak waktu mendekorasi rumah, bisa menghadirkan suasana Imlek dengan memasang wall sticker. Saat ini ada banyak sekali wall sticker dengan nuasa khas tahun baru Imlek yang bisa Anda peroleh di pusat-pusat perbelanjaan. Mulai dari yang bergambar lampion, memiliki tulisan kaligrafi China, sampai yang didominasi warna merah dan emas. Wall sticker ini nantinya bisa dilepas dan disimpan untuk dipasang di perayaan Imlek tahun depan.

Pajang foto keluarga

Saat tahun baru Imlek, akan jadi momen tepat untuk bernostalgia bersama keluarga besar. Maka dari itu tak ada salahnya Anda mengeluarkan foto-foto lawas dan memajangnya di dinding rumah. Jangan lupa juga memasang foto dari perayaan Imlek tahun lalu, ya.
Yang tak boleh Anda lupakan, bukan hanya dekorasi saja yang penting namun juga kebersihan rumah. Supaya tamu merasa betah dan nyaman, pastikan hunian selalu disapu dan dipel serta semprotkan pewangi di sudut-sudut ruangan. Untuk mendapatkan furniture maupun aksesori rumah cantik, Anda bisa langsung berbelanja di iLOTTE. Di sini ada berbagai jenis furniture kualitas terbaik yang dijamin akan memberikan keindahan pada hunian Anda.

0 komentar:

Posting Komentar