Selasa, 29 Januari 2019

Luka Bakar, Perlukah di Balut ?


Dalam kasus luka bakar memang menjadi salah satu luka yang diakibatkan karena percikan api ataupun terkena benda-benda yang panas, sehingga kulit terlihat kemerahan, panas dan bahkan melepuh. Pertolongan pertama untuk menangani luka bakar adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis luka bakar yang dialami, apalah minor atau mayor. Luka bakar yang kecil maupun besar harus ditangani dengan cepat. Jika tidak, maka luka bakar yang dialami bukannya lekas sembuh justru akan mudah terinfeksi. Lalu, bagaimana cara menangani luka bakar apakah Membalut Luka Bakar atau tidak?
Penanganan luka bahkan memang harus disesuaikan dengan jenis luka bakar tersebut, Anda pun harus memperhatikan aspek luka bakar tersebut, seperti ukuran luka, lokasi luka pada bagian tubuh, dan jika luka bakar cukup besar, maka Anda harus segera ditangani oleh tenaga medis, namun jika luka bakar tidak terlalu parah bisa ditangani sendiri. Sebetulnya menutup luka bakar dengan menggunakan perban adalah cara yang cukup efektif untuk menjaga area yang terkena luka bakar tersebut tetap bersih dan tetap kering, sehingga risiko terkena infeksi bisa Anda cegah. Menangani Luka bakar memang harus dilakukan dengan cara yang tepat, supaya luka tersebut dapat segera sembuh dan tidak terkena infeksi. Luka bakar bisa Anda obati dengan salep khusus untuk luka bakar, seperti tersiram air panas atau terkena uap panas, terkena knalpot, atau terkena percikan api. Penggunaan perban bisa saja dilakukan jika luka bakar yang Anda alami tidak terlalu parah, sebetulnya menutup luka dengan perban bisa melindungi dari debu, kotoran atau terkena infeksi lainnya. Luka pun bisa cepat kering dan segera pengobatan yang lebih lanjut.
Memiliki obat-obatan ataupun perlengkapan P3K sangat dibutuhkan sekali, karena pada saat Anda mengalami luka tak perlu ditangani oleh tenaga medis, tapi Anda bisa menanganinya sendiri dengan peralatan seadanya, seperti salep, obat luka cair, perban, kasa, dan juga plester Hansaplast sebagai plester untuk melindungi luka dari infeksi dan mempercepat penyembuhan, tapi kalau luka Anda parah dan memerlukan tenaga medis, segera konsultasikan dengan dokter.

0 komentar:

Posting Komentar