Senin, 21 Januari 2019

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merenovasi Rumah


Membangun dan merenovasi rumah bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipahami dan diberi perhatian khusus, seperti pembiayaan, desain, dan lain sebagainya. Namun begitu, bukan berarti merenovasi rumah tidak dianjurkan, apalagi bagi mereka yang sedang menekuni bisnis jual atau sewa rumah, strategi mempercantik tampilan rumah bisa dijadikan solusi menarik untuk mendatangkan pembeli atau penyewa rumah.

Dan berikut adalah beberapa hal sepele namun penting, yang harus Anda ketahui dan pahami saat membangun atau merenovasi rumah:

Estimasikan waktu pengerjaan

Hal utama yang harus dilakukan adalah estimasikan waktu pengerjaan renovasi rumah, hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi banyak hal, mulai dari pembiayaan hingga perizinan. Pahamilah bahwa proyek renovasi Anda, baik itu kecil atau besar, akan sedikit banyak mengganggu kenyamanan tetangga sekitar, sehingga ada baiknya Anda mengetahui secara pasti periode pengerjaannya dan meminta ijin untuk waktu tersebut.

Siapkan tempat penyimpanan bahan material

Salah satu hal penting yang paling sering dilupakan oleh pemilik rumah saat akan melakukan renovasi adalah ketersediaan tempat untuk menyimpan bahan material selama proses renovasi. Jangan sampai Anda bingung saat material-material yang Anda beli di toko bangunan mulai berdatangan. Oleh karenanya, terlebih dahulu tentukan akan ditaruh dimana material tersebut sehingga Anda mudah mengaksesnya namun tidak mengganggu tetangga atau memakan badan jalan. Dalam hal ini, Anda juga harus memikirkan kenyamanan orang lain.

Cari tempat tinggal sementara

Jika proses pengerjaan renovasi dilakukan dengan skala besar, jangan lupa untuk mencari tempat tinggal sementara, karena terkadang tidak mungkin bagi kita untuk menempati rumah tersebut untuk kurun waktu tertentu. Alangkah lebih baik apabila Anda telah memikirkan hal ini terlebih dahulu dan memiliki tempat tinggal sementara untuk keluarga hingga proyek renovasi selesai. Jika menginap di hotel terlalu mahal, coba pertimbangkan untuk menyewa rumah atau apartemen sementara. Namun jika Anda bersikeras ingin menempati rumah tersebut, pastikan telah siap dengan kebisingan, debu, dan kotoran yang akan Anda jumpai dimana-mana. Juga, pastikan untuk memiliki kamar mandi terpisah antara keluarga Anda dengan para pekerja bangunan, agar semuanya merasa nyaman

Jangan menyalahi aturan

Pastikan Anda tidak menyalahi aturan yang berlaku. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan orang-orang yang berpengalaman atau ahli dalam hal perizinan pembangunan rumah, untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang Anda lakukan tanpa sengaja. Cobalah untuk selalu menjalin hubungan baik dengan tetangga sekitar dan sesekali kemukakan rencana renovasi rumah dan minta pendapat mereka. Bisa jadi rencana renovasi akan membuat mereka merasa tidak nyaman nantinya. Misalnya posisi jendela baru di lantai 2 rumah Anda yang ternyata berseberangan dengan jendela kamar mandi mereka, yang tentunya akan melanggar privasi mereka. Tak ada salahnya untuk bertanya, bukan?

0 komentar:

Posting Komentar