Jumat, 14 Desember 2018

Persiapkan Hal Ini Sebelum Operasi Total Knee Replacement


Prosedur operasi TKR dan biaya operasi TKR terbilang mahal bahkan bisa lebih dari Rp70 juta. Meskipun begitu tak sedikit orang yang melakukan prosedur operasi TKR demi meningkatkan produktivitas.  Namun sebelum itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum operasi TKR. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. 

Pra Habilitasi

Pra habilitasi merupakan salah satu persiapan yang harus dilakukan sebelum operasi TKR. Latihan sebelum operasi ini bermanfaat untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi total knee replacement. Mungkin terasa sulit untuk melakukan pelatihan mengingat lutut Anda yang bermasalah. Meskipun begitu Anda tetap harus menang melakukannya agar otot rileks. 

Mungkin rasa sakit yang timbul tersebut dapat membuat Anda merasa terbiasa bergerak. Latihan pra habilitasi ini bermanfaat untuk membentuk kekuatan umum dan pengondisisan agar otot menjadi rileks. Selain itu, latihan pra habilitasi ini juga mengharuskan Anda untuk menurunkan berat bada. Pasalnya kelebihan berat badan dapat meningkatkan rasa sakit selama operasi. 

Lawan Nyeri Pra Operasi

Latihan pra habilitasi memang dirasa lebih mudah dibandingkan dengan perawatan pasca operasi. Dengan mengetahui cara perawatan diri pasca operasi mampu membantu Anda melawan rasa sakit pra operasi total knee replacement. Hal ini bertujuan untuk mendukung dan memperkuat otot yang rentan. 

Perbanyak Latihan

Dengan melakukan banyak latihan dapat membantu otot untuk mengingat gerakan. Meskipun otot tergolong cerdas dan mudah mengingat gerakan, Anda juga harus tetap menginstruksikannya. Oleh sebab itu pastikan Anda mempelajari latihan dan gerakan yang harus dilakukan sebelum dan sesudah operasi.

Pola Pikir yang Positif

Merupakan hal yang wajar apabila Anda merasa sedikit khawatir sebelum menjalankan prosedur operasi TKR Meskipun begitu Anda harus tetep perfikit positif bahwa hal tersebut merupakan solusi terbaik yang bisa Anda lakukan. Dengan berpikir positif dapat membuat proses pemulihan Anda berjalan lebih cepat.

Menjalani Gaya Hidup Sehat

Ketika Anda mengetahui bahwa Anda harus melakukan operasi, maka sesegera mungkin ubahlah gaya hidup menjadi lebih sehat. Pasalnya menurut sebuah penelitian seseorang yang menjalani gaya hidup sehat cenderung memiliki peluang keberhasilan operasi yang lebih besar serta pemulihan pasca operasi yang lebih cepat. 

Sebelum menjalani prosedur operasi TKR, pastikan Anda cukup tidur, aktif bergerak, mengonsumsi makanan yang begizi tinggi, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol sampai Anda benar-benar sembuh total.

Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Operasi

Sebelum menjalani prosedur  operasi TKR, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu di rumah  sakit. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi riwayat penyakit yang dimiliki pasien, obat yang dikonsumsi, hingga pemeriksaan cek darah. 

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani prosedur operasi TKR. Pastikan Anda memperhatikan hal tersebut agar operasi dapat berjalan dengan sukses dan pemulihan dapat berjalan dengan cepat. Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai biaya operasi TKR melalui website dokter.my. 

0 komentar:

Posting Komentar