Rabu, 19 September 2018

Jenis Standardisasi dan Harga Pipa Air Standar


Pipa air diciptakan untuk memperlancar pemenuhan kebutuhan air dan memperlancar saluran pembuangan. Agar semuanya berjalan lancar, tentu saja kamu harus memilih pipa yang kualitasnya terbaik. Bagaimana caranya? Pilihlah pipa yang berstandardisasi. Perhatikan pula harga pipa yang benar-benar sesuai dengan tingkat kualitasnya. Jangan sampai salah beli.

Jenis Standardisasi Pipa

Produk pipa yang terpercaya tentu saja sangat direkomendasikan untuk membuat saluran air ataupun saluran pembuangan. Untuk mendapatkan pipa yang sudah memenuhi standar, kamu bisa memperhatikan jenis standardisasi pipa. Terdapat 4 jenis standar internasional pipa air yang sering digunakan yaitu SNI, JIS, ASTM, serta BS.

SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah jenis standardisasi industri yang berlaku secara resmi di seluruh wilayah Indonesia. Standar ini dibuat oleh Panitia Teknis yang sudah ditetapkan oleh BSN (Badan Standardisasi Nasional). Standar ini berlaku untuk semua produk yang direkomendasikan menurut standar keamanan dan sebagainya, termasuk pipa.

Standar yang kedua adalah JIS. Standar ini dikeluarkan oleh Komite Standar Industri Jepang dan mengatur seluruh aktivitas industri di wilayah Jepang, termasuk pipa air. Kamu akan banyak menjumpai standar JIS di produk pipa PVC.

Standar yang ketiga adalah BS (British Standards) yaitu standardisasi produk yang dikeluarkan oleh BSI British Standards. Standar ini berlaku untuk wilayah Britania Raya dan sudah ada sejak 1901. Pembuatan standar ini berdasarkan aspek rekayasa, termasuk di dalamnya sistem kualitas, keselamatan, serta keamanan.

Berikutnya, terdapat standar ASTM (American Standar Testing and Material) yang pertama kali dibuat pada tahun 1898 dan diprakarsai insinyur serta ilmuwan Amerika. Kini, ASTM sudah mengatur lebih dari 1200 produk, termasuk pipa air. Standar ini sudah banyak dipakai di berbagai negara maju dan berkembang, juga proyek yang dikerjakan berdasar ASTM.

Harga Pipa Air Standar

Setelah mengetahui standar yang berlaku untuk pipa air, kamu juga harus mengetahui tingkat harga pipa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang diperlukan. Kamu bisa memilih pipa sesuai dengan kebutuhan. pipa air standar yang banyak diminati untuk pemasangan saluran air bersih dan pembuangan mempunyai berbagai tingkat harga.

Informasi harga bisa kamu dapatkan lewat berbagai sumber, baik secara langsung, maupun tidak langsung. Kamu bisa mendapatkan info langsung dari brosur atau di toko material, sedangkan info lebih praktisnya bisa diakses lewat situs online.

Harga pipa standar ini berdasarkan pada ukuran dan tipe dan bisa dibeli mulai Rp23.300,00 untuk ukuran terkecil tipe AW, sedangkan tipe D ditawarkan mulai Rp40.700,00. Harga selanjutnya bisa kamu ketahui selengkapnya lewat brosur, tanya ke toko, atau lewat website.

Demikianlah penjelasan mengenai pipa air yang berstandar dan karenanya bisa terbukti kualitas unggulnya. Pipa tersebut akan tahan lama dan berperan dengan baik sesuai perannya. Faktor penentu harga pipa juga bisa kamu ketahui dengan jelas. Kamu bisa mengetahui berbagai informasi mengenai jenis pipa, spesifikasi, dan sebagainya di www.rucika.co.id.

0 komentar:

Posting Komentar