Sabtu, 23 Juni 2018

Tips Menanamkan Sikap Patuh pada Anak dengan Kasih Sayang


Dalam ilmu parenting, menjadikan anak patuh terhadap adalah salah satu hal penting yang diajarkan. Namun sayangnya selama ini, masih banyak orang tua yang ingin membuat anak mereka patuh dengan cara yang tidak benar bahkan kasar. Hal ini hanya akan sia-sia belaka.  Untuk itu, berikut ada tips menanamkan sikap patuh pada anak dengan kasih sayang. 

1. Orang Tua yang Introspeksi


Hal pertama sebelum melangkah lebih jauh adalah orang tua mesti melakukan introspeksi terlebih dulu. Soalnya segala sesuatu yang dilakukan anak sekarang tidak bisa dilepaskan dari sifat orang tuanya. Apabila Anda ingin si kecil memiliki sikap patuh terhadap Anda maka pastikan bahwa sebagai orang tua memiliki sikap teladan dan menyayangi si kecil.

2. Berikan Kasih Sayang dan Pengertian


Selama ini banyak orang tua yang menganggap bahwa sikap patuh bisa didapatkan apabila si kecil takut terhadap orang tua. Memang benar, rasa takut akan membuat anak menjadi patuh tapi tidak dalam artian yang baik. Supaya anak patuh pada Anda dalam artian yang baik maka berikanlah kasih sayang dan pengertian yang cukup pada mereka. 

Asal tahu saja, dengan kasih sayang dan pengertian yang diberikan oleh orang maka akan membuat anak merasa kehadirannya dihargai oleh orang tua. Hal tersebutlah yang kemudian membuat mereka juga menghargai kehadiran orang tua di hidup mereka. Salah satunya dengan patuh terhadap orang tua menggunakan kasih sayang sebagai anak.

3. Menjadi Orang Tua yang Lebih Fleksibel


Dalam ilmu parenting, menjadi orang tua yang lebih fleksibel juga penting guna menanamkan rasa patuh terhadap anak. Maksud dari menjadi lebih fleksibel adalah dengan menjadi orang tua yang tidak kaku terhadap anak dan memaksakan kehendaknya sebagai orang tua. Dengan hal ini maka akan membuat anak lebih menghormati Anda dan tidak ingin membangkang. 

4. Tidak Mempermalukan Anak di Depan Umum


Banyak orang tua yang beranggapan bahwa memberikan efek jera akan membuat mereka patuh terhadap Anda. Hal tersebutlah yang seringkali membuat banyak orang tua yang tidak berpikir panjang dan lantas mempermalukan si kecil di depan umum. Padahal alih-alih mendapatkan rasa patuh seringkalinya hal tersebut malah membuat anak memilih membangkang terhadap mereka.

Untuk itulah, penting sekali bagi orang tua untuk selalu menjaga rasa percaya diri si kecil dengan tidak mempermalukan mereka di depan umum. Apabila Anda berhasil melakukan ini maka si kecil akan memberikan rasa percaya dan juga patuhnya terhadap Anda.

Memang benar, menanamkan sikap patuh terhadap si kecil menggunakan kasih sayang memang bukan perkara mudah. Untuk itulah, Anda sebagai orang tua membutuhkan tips parenting yang tepat. Empat tips yang sudah dijelaskan di atas bisa dijadikan salah satu referensinya. 

0 komentar:

Posting Komentar